4 Fakta Ini Wajib Kamu Ketahui Sebagai Pecinta Kopi Mengenai Kopi Luwak

Other

Kopi luwak itu proses pembuatannya diolah dari kotorang luwak sehinga terkadang membuat beberapa orang merasa jijik jika teringat akan proses pembuatannya. Ya kopi luwak ini pada awalnya diambil dari kotoran luwak liar yang hidup di hutan. Kopi yang berasal dari kotoran luwak ini akan memiliki rasa yang khas dari enzim pencernaan luwak yang mempropes biji kopi secara unik. Namun untuk seseorang yang sangat menyukai minuman kopi pastinya akan mengakui jika rasa kopi luwak itu sangat enak sekali. Sehingga sangat pantas jika kopi luwak itu dijual dengan harga yang mahal karena menawarkan citarasa yang super lezat bagi para pencinta kopi.

Bagi kamu pecinta kopi harus mengetahui fakta sebenarnya dari jenis kopi ini. Berikut 4 fakta yang wajib kamu ketahui sebagai pecinta kopi mengenai kopi luwak diantaranya yaitu :

    1. Kopi Bagi Rakyat Jelata

Sebenarnya kamu bisa menelusuri sejarah kopi ini sejak zaman Belanda. Pada saat itu pihak Belanda melarang para buruh perkebunan kopi untuk mengolah kopi dari kebun. Para buruh ini tidak kehilangan akal sehingga akhirnya melakukan cara dengan memungut biji kopi dari kotoran luwak yang tersebar di kebun.

    1. Cara Memanen Biji Kopi Akan Menentukan Kualitas Kopi

Cara memanen biji kopi ini nantinya akan menentukan kualitas kopi tersebut. Kualitas kopi akan lebih baik ketika biji kopinya itu berasal dari luwak yang dibiarkan hidup dialam liar. Tetapi kualitas kopi akan menurun ketika biji kopinya itu diperoleh dari luwak yang sengaja diternak atau dikurung didalam kandang.

    1. Indonesia Penghasil Terbanyak

Kawasan Asia Tenggara memang merupakan penghasil utama dari kopi ini seperti Filipina, Vietnam, dan juga Indonesia. Dan Indonesia ini merupakan kawasan penghasil terbanyak dari jenis kopi ini yaitu sebanyak 200 kg per tahunnya. Hal ini terjadi kondisi alam Indonesia yang sangat kondusif sebagai tempat tinggal luwak.

  1. Harga Percangkirnya Fantastik

Seekor luwak rata rata hanya bisa menghasilkan biji kopi sebanyak 0,2 sampai 0,4 sehingga hal ini menyebabkan produksi kopi luwak per tahunnya kurang dari 1 ton. Karena biji kopi yang dihasilkan langka maka jangan heran jika secangkir kopinya akan dibandrol dengan harga yang fantastik yaitu sekitar USD 100 di Amerika.

Itulah  4 fakta yang wajib kamu ketahui sebagai pecinta kopi mengenai kopi luwak. Nah kamu sendiri sudah pernah coba belum kopi yang lezat tetapi mahal ini? Atau kamu lebih menyukai untuk minum kopi yang biasa saja yang sesuai dengan isi dompetmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *