6 Penyebab Umum Muntah Pada Anak

Health

Pada dasarnya penyebab muntah pada anak dan penanganannya tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Namun, pastinya tidaklah sama juga. Agar penanganan muntah pada anak bisa dilakukan dengan tepat, maka Anda perlu tahu lebih dulu apa saja penyebab-penyebabnya. Berikut penyebab muntah pada anak yang umum terjadi:

  1. Gastroenteritis

Istilah ini lebih dikenal di tengah-tengah masyarakat dengan menyebutnya diare atau muntah berak (muntaber). Kondisi ini terjadi akibat iritasi pada saluran pencernaan anak. Penyebab muntah ini, yaitu dikarenakan oleh bakteri, virus, dan parasit yang mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh.

  1. Alergi makanan

Mungkin juga penyebab muntah yang dialami anak Anda, yaitu akibat reaksi alergi dari makanan tertentu, sehingga muncullah rasa mual, muntah, dan disertai dengan nyeri perut.

  1. Kecemasan dan stres

Ini ada hubungannya dengan tingkat emosional anak. Misalkan ada beberapa kekhawatiran yang membuatnya cemas dan stres, seperti baru masuk ajaran baru, menghadapi ujian, ketegangan, dan lain sebagainya. Terganggunya emosional anak dengan hal-hal tersebut bisa menjadi penyebab mual dan muntah serta pusing yang dialami anak.

  1. Flu dan jenis penyakit lainnya

Sebetulnya penyebab muntah ini tidak hanya dialami anak-anak saja, melainkan orang dewasa pun sering mengalaminya. Muntah yang disebabkan oleh penyakit, seperti flu, infeksi telinga, dan refluks asam, biasanya tidak mengakibatkan gejala yang terlalu parah.

  1. Makan terlalu banyak

Anak lebih sering makan dibanding orang dewasa. Jika anak makan terus menerus sampai melebihi kapasitas lambung, maka yang terjadi pada anak yaitu akan dirasakannya rasa mual dan akhirnya muntah-muntah.

  1. Keracunan makanan

Anak-anak biasanya tidak tahu, apakah makanan yang dikonsumsinya sudah basi atau belum. Keracunan makanan ini bisa saja diakibatkan karena anak mengkonsumsi makanan basi, seperti susu, daging, nasi, dan lain sebagainya. Di dalam makanan basi tersebut mengandung bakteri jahat, sehingga menimbulkan gejala mual, muntah, diare, skit perut, bahkan kram perut.

Dengan mengetahui beberapa penyebab muntah pada anak di atas, sebagai orang tua seharusnya bisa lebih memperhatikan kebiasaan anak terutama pada makanan yang dikonsumsinya. Untuk tindakan pertolongan pertama ketika anak sakit, Anda harus menyediakan obat-obatan khusus anak di rumah. Selain obat mual dan muntah, obat luka jatuh cepat kering juga harus tersedia di kotak P3K Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *