Inilah Beberapa Tanaman yang Dipercaya Mampu Digunakan Sebagai Obat Tipes

Inilah Beberapa Tanaman yang Dipercaya Mampu Digunakan Sebagai Obat Tipes

Penyakit tipes atau sering disebut juga dengan penyakit tipus atau demam tifoid merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyebab sakit yang satu ini dikarenakan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Bakteri ini menyerang usus halus dan menyebar hingga ke aliran darah. Gejala penyakit tipes hampir menyerupai gejala pada penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Sehingga tak jarang kerap kali disalahartikan sebagai penyakit demam berdarah. Adapun gejala yang akan nampak pada penderita, antara lain seperti demam, sakit kepala, sakit perut, hingga rasa lelah. Penderita umumnya akan diberikan obat tipes untuk meredakan sekaligus menyembuhkan kondisi yang dialami. Dan jika kondisi sudah sangat parah, perlu bantuan penanganan dari tenaga medis.

Untuk beberapa kondisi, penyakit tipes yang diderita bisa menjadi semakin parah dan menimbulkan gejala-gejala yang lebih kompleks, seperti sembelit (konstipasi), diare, nafsu makan berkurang, menggigil, muntah, berhalusinasi, timbul ruam pada kulit, keluar darah pada feses, mimisan, pembengkakan hati, hingga mood yang mudah sekali berubah. Jika sudah sampai pada kondisi demikian, perlu tindakan pengobatan sesegera mungkin. Untuk kondisi yang sudah parah, penderita tipes perlu mendapatkan perawatan medis dari rumah sakit dalam kurun waktu tertentu. Obat antibiotik biasanya akan diberikan oleh dokter pada penderita tipes, mengingat penyakit ini timbul karena adanya infeksi dari bakteri.

Selain dengan menggunakan pengobatan medis yang dikonsumsi saat masa penyembuhan dan pemulihan, Anda juga bisa melakukan pengobatan alami sebagai pendamping. Sehingga kondisi bisa lebih cepat berangsur-angsur baik. Adapun obat penyakit tipes alami yang dipercaya mampu membantu proses penyembuhan, antara lain:

  1. Oralit.
    Oralit yang merupakan laritan antara gula dan garam ini bisa digunakan untul mengatasi gejala diare pada penyakit tipes, Dengan meminum oralit juga bisa membantu mencegah terjadinya dehidrasi karena banyaknya cairan tubuh yang keluar.
  2. Cuka apel.
    Cuka memiliki sifat sebagai antibakteri yang dipercaya mampu membantu mengatasi gejala demam pada penyakit tipes. Selain itu, juga sangat berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat gejala diare.
  3. Bawang putih.
    Terkenal sebagai salah satu bahan dapur yang digunakan pada berbagai masakan, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan penyakit tipes. Hal ini lantaran bawang putih memiliki sifat antibakteri dan juga mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.
  4. Cengkeh.
    Anda juga bisa memanfaatkan cengkeh untuk mengobati penyakit tipes secara alami. Hal ini lantaran cengkeh memiliki sifat antibakteri yang juga dipercaya mampu mengatasi gejala diare dan muntah pada penyakit tipes.
  5. Daun basil.
    Sifat antibakteri pada daun basil bisa digunakan sebagai antibiotik alami yang mampu membantu menyembuhkan penyakit tipes yang diderita. selain bisa membantu menurunkan gejala demam, daun ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Pisang.
    Buah-buahan sangat bagus dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan ketika sakit. Salah satu buah yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit tipes adalah buah pisang. Di dalam buah ini mengandung pectin yang bisa menjadi zat pengental dalam usus sehingga mampu mengatasi gejala diare pada penyakit tipes.
  7. Delima.
    Sama seperti buah jeruk, buah yang satu ini juga dipercaya bagus sebagai obat tipes alami. Buah delima berguna untuk mencegah dehidrasi dan juga meningkatkan energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *